Friday, November 24, 2006

Same-sex Marriage ~ Legality of Love...


Bob Paris dan Rod Jackson adalah dua orang selebritis yang pernah terikat di dalam pernikahan sejenis.
Bob Paris adalah seorang professional bodybuilder, model, dan pernah menjuarai kontes binaraga Mr.Universe pada tahun 1983.
Sedangkan Rod Jackson adalah seorang foto model majalah Playgirl. Bob Paris dan Rod Jackson menikah pada bulan Maret 1994. Foto-foto acara pernikahan keduanya dimuat di Out Magazine.
Selebritis dunia lainnya yang juga pernah melakukan pernikahan sejenis adalah Elton John. Elton John menikah dengan Renate Blauel - seorang recording engineer yang berasal dari Jerman, pada hari Valentine tahun 1984.
Topik "Pernikahan Sejenis" telah menjadi bahan perdebatan yang hangat di seluruh dunia sejak akhir 1990-an atau awal 2000-an. Hingga saat ini ada beberapa negara yang melegalisasi pernikahan sejenis, yaitu Belanda (2001), Belgia (2003), Spanyol (2005), Canada (2005), dan negara bagian Massachusetts di Amerika Serikat (2004). Beberapa negara lainnya mengakui adanya "penyatuan antara dua orang yang berjenis kelamin biologis sama" (same-sex union) - walaupun bukan dianggap sebagai "Pernikahan", sehingga muncul berbagai terminologi untuk penyatuan seperti itu. Terminologi itu di antaranya adalah Civil Union, Domestic Partnership, atau Registered Partnership. Negara-negara yang menggunakan terminologi-terminologi ini adalah Andorra, Argentina, Brazil, Croatia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Iceland, Israel, Luxemburg, Mexico, New Zealand, Norwegia, Portugal, Slovenia, Swedia, Swiss, Inggris, Tasmania - Australia, dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat (California, Connecticut, Hawaii, Maine, New Jersey, Vermont, dan Washington DC). Untuk benua Afrika, Afrika Selatan akan melegalisasi pernikahan sejenis pada 1 Desember 2006.
Same-sex union pertama kali dan diakui oleh pemerintah terjadi di Denmark pada tahun 1989. Di negara-negara Scandinavia, bentuk hubungan "Registered Partnership" statusnya hampir setara dengan pernikahan, termasuk dalam hal hak untuk mengadopsi anak secara legal. Walaupun demikian di dalam hukum nasional negara-negara tersebut secara jelas dipisahkan antara bentuk hubungan registered partnership dan pernikahan.
Dunia berdebat, sangat seru...
Berusaha memaknai cinta
antara dua insan dengan hasrat yang sama,
Bolehkah...?
Terlarangkah...?
Dua kutub saling beradu, sangat seru...
Namun, di suatu tempat bernama "kalbu"
semuanya bersepakat...
bahwa cinta jauh lebih agung dan hakiki
daripada selembar kertas bertajuk legalitas...


1 Comments:

Blogger ryan_kuchiki said...

cool...
keren tuh puisinya...

3:17 AM  

Post a Comment

<< Home