Sunday, October 08, 2006

"Philadelphia" the movie ~ Uncompromized Society...


Philadelphia adalah film drama yang sangat menyentuh tentang perjuangan Andrew Beckett untuk menuntut keadilan atas kesewenangan yang dialaminya serta perjuangannya melawan penyakit AIDS yang dideritanya.

Andrew Beckett (Tom Hanks) adalah seorang lawyer yang bekerja di firma hukum terbesar di Philadelphia. Di balik kesuksesannya, sikapnya yang bersahaja, dan wajah yang tampan, Andrew berusaha menyembunyikan jati dirinya sebagai seorang gay termasuk hubungan cintanya dengan Miguel (Antonio Banderas). Saat dirinya terkena AIDS yang muncul dengan gejala bercak kemerahan di kulit - Kaposi's Sarcoma, atasannya segera mengetahui bahwa Andrew adalah seorang gay dan memecatnya dari firma hukum.


Manusia acapkali menjadi serigala buas bagi manusia lain yang lemah...
Taringnya mengoyak ketidakberdayaan, merobek-robek batas iba...
Cakarnya mencengkeram, mengatasnamakan moral dan etika...
Matanya menyala, mulutnya mengaum...
Mengumumkan ke seluruh dunia,
bahwa dialah yang termulia dan paling benar...

Di tengah penderitaan akibat ajal yang semakin mendekat, Andrew berusaha mencari lawyer pembela untuk memperjuangkan hak-haknya. Tidak mudah, sampai akhirnya dia bertemu dengan lawyer kulit hitam, Joe Miller (Denzel Washington), yang juga seorang ayah dari keluarga yang konservatif, serta homophobia. Namun, setelah Joe mengenal kliennya lebih dalam, dia menyadari bahwa Andrew adalah orang normal seperti orang lain. Dengan rasa saling mempercayai, keduanya maju ke pengadilan untuk menggugat atasan Andrew - merupakan potret sebagian masyarakat yang hipokrit dan memandang gay sebagai kejijikan, kesalahan, ketidakteraturan, dan ancaman - walaupun akhirnya Andrew harus menyerahkan hidupnya pada kematian.

Mata manusia selalu silau dengan apa yang nampak di luar,
Tampan, cantik, kaya, sukses, alim...
Menjadi ukuran tertinggi nilai manusia
Tidakkah manusia mengerti,
Manusia tidak punya pilihan saat dilahirkan...
Pernahkah manusia berdebat dengan Sang Pencipta,
Saat manusia terlahir dengan "perbedaan"...?

Philadelphia memenangkan Academy Award untuk aktor utama terbaik (Tom Hanks) dan musik terbaik (Bruce Springsteen - "Streets of Philadelphia"). Sebanyak 53 orang gay terlibat di dalam pembuatan film ini, 43 orang di antaranya telah meninggal dunia setahun setelah itu.

No matter of what or who you are, but the most important is what have you done for humanity...


See the inspiring moments of Philadelphia :


video

0 Comments:

Post a Comment

<< Home