Sunday, October 22, 2006

Story of Sergius and Bacchus



Sergius dan Bacchus adalah nama dua orang Saint (orang suci) di sejarah Christianity.

Keduanya adalah prajurit Romawi yang meninggalkan kepercayaan yang dianut sebagian besar warga kekaisaran Romawi.

Sergius dan Bacchus menolak untuk menyembah patung dewa-dewa Romawi di kuil berhala semasa kekuasaan Kaisar Maximian, setelah mereka menjadi penganut ajaran Yesus Kristus. Akibat ketidakpatuhan itu, mereka dibuang ke garis depan peperangan, untuk kemudian dianiaya dan dibunuh.

Di dalam gereja Katolik Roma dan Katolik Ortodoks, Sergius dan Bacchus adalah martir gereja, dan diperingati tiap tanggal 7 Oktober. Pada zaman kekaisaran Byzantine, keduanya dimuliakan sebagai "pelindung prajurit perang", sebuah gereja yang megah dibangun sebagai peringatan atas mereka di Konstantinopel pada tahun 527 oleh Kaisar Justinian I.

Di dalam teks Martyrology kuno, seperti yang diterjemahkan oleh John Bosswell-ahli sejarah dari Yale University, dari teks berbahasa Yunani "Passio antiquior SS.Sergii et Bacchi Graece nunc primum edita" AB 14 (Brussels, 1859), tercatat bahwa hubungan antara Sergius dan Bacchus sangat dekat, bahkan dipercayai adalah sepasang kekasih. Dalam teks berbahasa Yunani tersebut digunakan kata 'Erotoi' (lovers = kekasih). John Bosswell memandangnya sebagai sikap toleran masyarakat Christian awal pada same-sex union, dan bukti bahwa pada masa itu homosexuality bisa diterima.

'Being as one in their love for Christ, they were also undivided from each other in the army of the world, united not by the way of nature, but in the manner of faith, always singing and saying, "Behold, how good and how pleasant it is for brethren to dwell together in unity!" (Passio antiquior SS.Sergii et Bacchi Graece nunc primum edita)

Janganlah berkecil hati, hai jiwaku...
Biarlah dunia menistamu dengan standar moral dan etika,
Asalkan aku masih mempunyai-Mu, ya Allahku...
Itu sudah lebih dari semua yang kupinta

Karena kutahu Engkau menyelidik sampai ke dalam hati,
Walaupun banyak perkara yang tak kupahami di dunia ini,
Ku tahu Engkau adalah Bapa yang mengiringi...


See amateur documentary of Sergius & Bacchus church....

video

0 Comments:

Post a Comment

<< Home